Tips Merawat Anak yang Sedang Sakit Tipes

Penyakit tipes merupakan suatu penyakit akibat adanya infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C. Namun, selain itu juga menyebabkan gastroenteritis dan septikemia (tida menyerang usus). Dalam masyarakat luas penyakit ini dikenal dengan nama penyakit tipes atau thypus, namun didalam dunia kedokteran disebut dengan typoid fever atau thypus abdominalis karena berhubungan dengan usus pada perut.

Baca Juga: Obat Herbal Multikhasiat

Kuman salmonella typhi masuk melalui saluran cerna lalu berkembang biak dan kemudian menembus dinding usus menuju saluran limfa, masuk ke dalam pembuluh darah dalam waktu 24-72 jam. Kemudian dapat terjadi pembiakkan di sistem retikuloendothelial dan menyebar kembali ke pembuluh darah yang kemudian menimbulkan berbagai gejala klinis, seperti :

  • Demam yang lebih dari seminggu
  • Lidah kotor
  • Mual berat sampai muntah
  • Diare atau mencret
  • Lemas, pusing dan sakit perut
  • Pingsang (hilangnya kesadaran)

Semua gejala diatas merupakan gejala umum dari penyakit tipes. Bila buah hati anda mengalami sakit tipes diperlukan sebuah perawatan yang baik dan benar untuk membantu memulihkan kembali kondisinya. Salah satu, cara merawat kesehatan anak yang terkena tipes adalah dengan menerapkan anjuran diet sehat untuk penderita tipes pada anak, berikut dibawah ini caranya.

Tips Merawat Anak yang Sedang Sakit Tipes

Tips Merawat Anak yang Sedang Sakit Tipes

Salah satu tips merawat anak penderita tipes yaitu, ibu dituntut mengetahui apa saja yang menjadi menu diet untuk penderita tipes anak. Karena anjuran ini sangat penting untuk membantu mempercepat pemulihan kondisi badan yang terinfeksi kuman salmonella typhi, berikut ini tips-tipsnya:

  • Konsumsi makanan yang cukup cairan, kalori, vitamin dan protein
  • Tidak mengandung banyak serat
  • Tidak merangsang dan tidak menimbulkan banyak gas
  • Makanan lunak diberikan selama istirahat

Tahapan Asupan Makanan Pada Anak Penderita Tipes

Awalnya, penderita tipes diberikan bubur saring lalu bubur kasar untuk menghindari komplikasi perdarahan pada usus dan perforasi usus. Bahkan hasil penelitian pun menunjukkan bahwa pemberian makanan padat secara dini seperti nasi, lauk pauk yang rendah sellulosa dapat diberikan dengan aman bagi penderita dan jika buah hati anda dirawat dirumah sakit, kami sarankan untuk selalu memperhatikan menu makanan yang disiapkan karena tidak semua rumah sakit mempunyai ahli gizi yang melaksanakan rekomendasi dokter yang merawat. Jadi kita harus selektif memilih makanan yang boleh dikonsumsi anak.

Tips Merawat serta Mencegah Penyakit Tipes Pada Anak

Untuk kembali ke makanan normal, lakukan secara bertahap bersamaan dengan mobilisasi. Misalnya seperti hari pertama dan kedua makan makanan lunak, dan hari ke 3 makan makanan biasa dan seterusnya. Sebenarnya, penyakit tipes dapat dicegah. Salah satunya dengan meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Tubuh yang mendapatkan makanan yang cukup bergizi dapat dengan kuat melawan kuman yang menginfeksi tubuh. Anak-anak yang kurang gizi akan mudah sakit dibandingkan dengan anak yang cukup gizi.

Oleh karena itu, kita harus mengupayakan agar anak mendapat gizi yang cukup dan menerapkan pola hidup sehat. Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga dapat dilakukan dengan pemberian suplemen herbal dari jelly gamat gold-g, bahkan herbal ini juga direkomendasikan sebagai obat tipes untuk anak yang alami dan aman karena memiliki zat gizi lengkap seperti: 9 jenis karbohidrat, 59 jenis asam lemak, 19 jenis asam amino, 25 komponen vitamin, 10 jenis mineral dan 5 jenis sterol. Semua bersatu-padu membangun kekebalan tubuh dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

| Tips Merawat Anak yang Sedang Sakit Tipes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *