Ramuan Obat Herbal Untuk Mengobati Batuk dan Flu

Flu dan Batuk sering menyerang banyak orang pada saat cuaca tidak menentu. Kedua jenis gangguan kesehatan ini memang tidak termasuk kedalam penyakit berat. Namun, bila flu yang disertai batuk tidak segera diobati maka akan membuat aktifitas dan tidur anda terganggu.

Sebelum adanya obat-obatan kimia, Nenek moyang kita dulu telah meracik beberapa ramuan obat herbal untuk mengobati batuk dan flu, serta keluhan lainnya seperti tenggorokan gatal, dan sesak napas yang diakibatkan oleh tersumbatnya saluran pernapasan oleh dahak. Resep ramuan nenek moyang tersebut telah diakui khasiat dan keampuhannya. Mari kita kenali beberapa bahan dan resep yang bisa kita buat di rumah sendiri.

Ramuan Obat Herbal Untuk Mengobati Batuk dan Flu

Obat Herbal Untuk Mengobati Batuk dan Flu

Madu

Hasil studi yang dilakukan oleh Penn State College of Medicine, menemukan bahwa madu bekerja lebih efektif dalam meredakan batuk lebih dari obat yang dijual bebas di pasaran.

Madu memiliki enzim yang bersifat antibakteri sehingga mampu mempersingkat masa sakit batuk dan membantu menenangkan iritasi pada tenggorokan. Madu yang dimanfaatkan sebagai obat batuk ini bisa dikonsumsi oleh anak dan dewasa. Untuk aturan konsumsinya yaitu:

  • Untuk orang dewasa: satu sendok makan madu sebanyak 1-3 kali sehari
  • Untuk anak-anak: sesuaikan dosis atau cukup dengan satu sendok teh saja.

Meski madu dikatakan aman untuk anak-anak, namun tetap saja madu tidak disarankan diberikan kepada anak dibawah usia 2 tahun. Karena, didalam madu terdapat bakteri Clostridium botulinun yang memproduksi toksin atau zat beracun, sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan pada bayi, seperti: kelumpuhan otot, diare, susah BAB, terus menangis, lesu dan tidak mampu menyusu, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Teh akar tanaman licorice

Resep membuat ramuan dari akar tanaman licorice

  • Rebus air sebanyak 8 ons bersama dengan 2 sendok makan kering akar licorice selama 10-5 menit
  • Bagi dua untuk diminum setiap pagi dan sore atau malam hari

Ramuan akar licorice ini memiliki ekspektoran dan penawar rasa sakit, sekaligus berkhasiat untuk menipiskan mukosa yang memberatkan pernapasan. Akar licorice juga dapat menghambat 11 beta-hidroksisteroid dehidrogenase, dimana enzim ini bertugas untuk mengatur akses glukokortikoid atau sejenis hormon steroid pada reseptor steroid dengan cara memperlambat konversi kortisol ke kertison yang pada akhirnya menimbulkan efek antiradang. Ramuan obat herbal dari akar licorice tidak dianjurkan bagi penderita penyakit ginjal.

Berkumur dengan Air Garam

Cara mengatasi batuk dengan air garam bisa dilakukan dengan cara memasukkan satu sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, lalu gunakan untuk berkumur selama 15 detik. Setelah itu, berkumur dengan air biasa.
Banyak khasiat dan manfaat yang didapatkan dengan berkumur air garam diantaranya yaitu:

  • Membantu meringankan ketidaknyaman yang diakibatkan karena batuk
  • Saat konsentrasi garam di luar sel lebih tinggi dari konsentrasi di dalam selaput lendir, air akan mengalir keluar dari sel untuk menyeimbangkan semuanya.
  • Saat air meninggalkan sel, pembengkakan dan rasa tidak nyaman akan berkurang, air garam akan membantu mengeluarkan dahak yang membandel.

Rimpang jahe

Telah lama jahe merah atau pun jahe biasa dikenal sebagai obat pereda gejala flu dan batuk. Bahkan hasil penelitian menjelaskan bahwa jahe mengandung minyak atsiri, terpenoid zingiberol, gingerol dan shogaol. Semuanya ini merupakan senyawa yang sama khasiat dengan obat batuk dari pabrik farmasi. Bahkan saking hebatnya, kini telah banyak obat yang menggunakan ekstrak jahe sebagai campuran obat batuk.

Cara membuat ramuan dari jahe bisa anda lakukan dirumah dengan cara:

  • Kupas 1 atau 2 ruas jahe
  • Rebus dengan air sampai mendidih
  • Dinginkan sebentar, lalu minum sampai habis

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan 2 kali sehari setiap pagi dan sore atau malam hari.
Menurut Prof. Dr. Leonardus broto Sugeng Kardono sebagai Ahli Ekstraksi Bahan Alam dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), sebaiknya gunakan panci keramik atau stainless steel untuk merebus jahe agar khasiat dari jahe tidak hilang.

Lada dan Madu

Perpaduan antara lada dan madu dipercaya ampuh untuk meredakan batuk sekaligus membersihkan jalan napas. Hal ini dikarenakan, madu memiliki sifat antibakteri dan mengurangi iritasi saluran napas, sedangkan lada sendiri memberikan manfaat untuk mengeluarkan kotoran yang ada pada saluran pernapasan.
Cara menggunakan ramuan ini, yaitu dengan cara:

  • Masukkan satu sendok teh bubuk lada hitam ditambah dengan satu sendok makan madu murni ke dalam gelas air mendidih
  • Aduk selama kurang lebih 10 menit
  • Dinginkan dan minumlah sampai habis.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya minum ramuan ini 1 atau 2 kali sehari, sampai batu Anda reda dan pernapasan terasa lebih lega.

Baca Juga: Cara Membuat Bubur Herbal untuk Penderita Tipes

Bila Anda membutuhkan obat herbal flu dan batuk yang telah jadi, tanpa harus repot-repot membuatnya terlebih dahulu, kami telah menyediakan obat herbal untuk atasi flu dan batuk yaitu dengan QnC Jelly Gamat yang dibuat dari bahan dasar ekstrak teripang, sweetener stevia, air RO (Reverse Osmosis), pengemulsi nabati, essen natural, ekstrak buah dan sayur.

Info harga

1 botol isi 300ml: Rp. 155.000 (BELI LEBIH BANYAK LEBIH HEMAT), info discount dan potongan ongkir, bisa cek disini >> CARA PEMESANAN QNC JELLY GAMAT

| Ramuan Obat Herbal Untuk Mengobati Batuk dan Flu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *