Mengenal Bahan-Bahan Herbal Peningkat Stamina Tubuh

Sekarang ini merupakan musim pancaroba, yang terjadi karena adanya perubahan udara dan temperatur, sehingga hal ini dapat berpengaruh pada tubuh, karena tubuh kita otomatis akan berusahan keras menyesuaikan dengan temperatur sekitar. Saat itu pula imunitas (daya tahan tubuh terhadap penyebab penyakit) kita berkurang, sehingga sering menyebabkan orang sakit di musim pancaroba.

Baca Juga: Obat Herbal Multikhasiat

Namun, tidak perlu khawatir karena banyak cara supaya tubuh kita tetap memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Untuk mendapatkan stamina tubuh agar tetap sehat dan bugar selain berolahraga, anda juga bisa mengkonsumsi ramuan herbal dari tanaman yang kaya khasiat. Banyak masyarakat yang percaya bahwa tanaman herbal jauh lebih baik dikonsumsi oleh tubuh dibandingkan obat-obatan kimia.

Maka dari itu, marilah kita mengenal bahan-bahan herbal peningkat stamina tubuh.

Mengenal Bahan-Bahan Herbal Peningkat Stamina Tubuh

Bahan-Bahan Herbal Peningkat Stamina Tubuh

Buah Mengkudu
Buah mengkudu memiliki zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti protein, vitamin dan mineral yang tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat.

Dalam pembuatannya, buah mengkudu juga bisa dipadukan dengan tanaman herbal lainnya seperti kecombrang, daun salam dan daun pandan. Perpaduan tanaman herbal tersebut berkhasiat untuk mencegah tumor, kanker, antidiabetes, menguatkan liver, anti hipertensi, membersihkan darah, anti stroke, menurunkan asam urat, dan kolesterol.

Baca Juga: 6 Jenis Tanaman Herbal Pencegah Penyakit Kanker

Bunga rosella
Bunga rosella kaya akan kandungan didalamnya, mulai dari protein, kalsium, magnesium, zat besi, omega 3, asam amino, serta mengandung vitamin A, B dan C.

Cara membuat ramuan herbal dari bunga rosella ini bisa ditambahkan dengan daun salam yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, dapat membantu menetralkan racun, menurunkan kolesterol dan mengurangi panas dalam.

Kunyit
Rempah-rempah berwarna kuning ini telah dipercaya memiliki banyak khasiat dan tidak diragukan lagi. Kandungan kurkumin dan minyak atsiri yang terdapat pada kunyit membuat kunyit sering dijadikan sebagai ramuan herbal untuk mencegah berbagai jenis penyakit seperti keputihan, haid tidak lancar, pencernaan dan panas dalam.

Temulawak
Temulawak telah digunakan sejak dulu sebagai jamu tradisional jawa. Campuran temulawak dengan jahe, cengkih dan kayu manis berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit. Mulai dari maag, sembelit, sariawan, rematik, hingga menambah nafsu makan. Hal ini dikarenakan temulawak mengandung protein, karbohidrat dan minyak atsiri.

Ketumbar
Ketumbar bersifat anti mikroba dan antijamur yang berguna untuk membantu proses detoksifikasi tubuh dari zat-zat berbahaya. Selain berperan sebagai bumbu dapur, ternyata ketumbar juga berkhasiat untuk meningkatkan memori, menghilangkan sakit kepala, memberikan efek tenang serta efektif dalam mengurangi demam.

Rosemary
Daun rosemary ternyata mengandung antioksidan, antiinflamasi danĀ  antiseptik sehingga bisa mengurangi peradangan. Selain itu, tumbuhan yang biasa dijadikan bumbu masakan atau teh ini bisa menyembuhkan sakit gigi, sakit gusi, dan radang tenggorokan. Keharuman rosemary dapat memberi efek menenangkan dan mengurangi sakit perut.

Baca Juga: Obat Herbal Peningkat Stamina Pria

Ginseng
Telah dikenal sejak lama sebagai herbal penambah stamina tubuh. Ginseng mengandung glikosida, minyak atsiri, fitosterol, asam lemak, vitamin B, serta mineral. Ginseng berguna untuk menormalkan tekanan darah, mengurangi stres, serta kelelahan.

Jahe
Rasa jahe yang pedas hangat membantu menghangatkan suhu tubuh anda. Jahe juga bagaikan ekspektoran alami yang dapat mengobati radang tenggorokan, batuk, dan pilek. Selain itu, jahe juga berguna mengatasi masalah pencernaan. Selain itu juga membantu anda dalam meningkatkan stamina tubuh.

Itulah beberapa ramuan herbal yang bisa anda konsumsi ketika musim pancaroba mulai terjadi. Semoga bermanfaat dan selalu diberikan kesehatan. Aamiin

| Mengenal Bahan-Bahan Herbal Peningkat Stamina Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *