Jenis Makanan Bergizi Untuk Anak Balita

Makanan merupakan unsur yang sangat penting untuk diperhatikan. Makanan untuk balita sangat menunjang pertumbuhan dan perkembangan fisik dan psikis anak. Makanan bergizi yang anda berikan pada anak mampu mengoptimalkan kemampuan anak anda sesuai dengan usianya.

Menjaga asupan makanan yang sehat dapat dimulai semenjak dari balita. Anda sebagai orang tua harus selektif dalam memilih bahan makanan untuk makanan balita anda. Bahan makanan yang membuat sehat anak anda dapat dengan mudah anda dapatkan, sebut saja berbagai jenis sayuran dan jenis buah yang beraneka ragam yang memiliki nilai gizi dan manfaat yang berbeda.

Makanan bergizi untuk anak balita harus memiliki unsur-unsur yang memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Selain itu juga, makanan tersebut harus seimbang. Berikut adalah jenis makanan bergizi untuk anak balita.

Jenis Makanan Bergizi Untuk Anak Balita

makanan bergizi untuk anak balita

  • Ikan salmon

Ikan salmon dikenal mengandung banyak Omega-3, selain itu tuna, dan udang adalah dua alternative sumber lemak sehat yang sangat dianjurkan bagi balita. Untuk pertama kali berikan sedikit porsi makanan tersebut kepada si kecil untuk membiasakan dan untuk memastikan bahwa si kecil tidak allergi makanan tersebut.

  • Ubi Jalar

Ubi jalar secara alami rasanya manis, sehingga bisa menjadi favorit bayi dan lebih disukai daripada sayuran lainnya. Diperkaya dengan vitamin C, serat, kalium dan nutrisi penting lainnya, sehingga ubi jalar sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan anak-anak. Umbi ini juga Antioksidan tinggi serta dikenal tinggi beta karoten , bermanfat menghilangkan radikal bebas berbahaya dari tubuh dan memperkuat sistem kekebalan sehingga akan mencegah penyakit.

  • Alpukat

Buah alpukat mengandung banyak nutrisi, seperti protein dan lemak jenuh tunggal. Nutrisi ini akan membantu mencegah penyakit jantung, serta meningkatkan kesehatan balita secara keseluruhan dan mempromosikan perkembangan otak . Alpukat matang yang dihaluskan adalah kaya lemak, sehingga membuat bayi merasa lebih cepat kenyang.

  • Yogurt

Yogurt secara keseluruhan mengandung lemak esensial, protein, fosfor dan kalsium, terutama yang membantu memperkuat gigi dan tulang bayi, serta pertumbuhan secara keseluruhan. Probiotik atau bakteri baik yang ada dalam yogurt akan membantu untuk memperkuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan pencernaan. Bayi yang lebih muda dari usia 1 tahun mungkin alergi terhadap susu dan produk susu. Oleh karena itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter anak sebelum memberikannya yogurt .

  • Buah jeruk

Bayi berusia lebih dari satu tahun pasti harus makan buah jeruk seperti jeruk. Buah inimengandung tinggi vitamin C, zat besi dan kalium. Vitamin C baik untuk kulit, membantu membangun kolagen, memperkuat tulang, otot dan jaringan lain. Buah jeruk kaya akan potasium yang membantu untuk mempertahankan tingkat air dalam tubuh dan juga mempromosikan kontraksi otot. Ini membantu penyerapan zat besi oleh tubuh dan menyembuhkan luka secara efektif .

  • Pisang

Dikemas dengan nutrisi penting seperti karbohidrat, zat besi, kalium, zat besi, vitamin dll. Pisang adalah makanan yang paling sehat dan ideal untuk bayi dan balita. Hal ini juga terjangkau, mudah tersedia, dan sangat portabel. Kandungan serat yang tinggi buah pisang membuatnya sangat mudah dicerna dan akan membantu untuk menjaga saluran pencernaan yang sehat. Pisang masak bisa dengan mudah dihaluskan dan, dengan demikian juga sempurna untuk bayi

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan terutama almond, walnut, dan kacang pistachio. Kacang-kacang tersebut tidak hanya kaya akan kandungan Omega-3 tapi juga kaya akan vitamin E. Hasil sebuah penelitian mengungkapkan manfaat lain dari mengkonsumsi kacang-kacangan tersebut, termasuk diantaranya adalah menurunkan resiko penyakit diabetes tipe-2.

  • Telur

Telur khususnya kuning telur adalah makanan lain yang culup tinggi dengan kandungan lemak sehat. Di dalam satu butir telur, rata-rata mengandung 5 gram lemak dan 4.5 gram diantaranya adalah lemak sehat. Selain itu telur juga kaya dengan vitamin B yang membantu menoptimalkan kinerja system otak, syaraf, dan jantung.

Diatas usia 6 bulan, bayi dapat dikenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI. Pada tahap ini para ahli perkembangan anak merekomendasikan bunda untuk memberikan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang termasuk diantaranya adalah lemak sehat.
Pemberian makanan pendamping ASI sebaiknya dilakukan secara pertahap. Itulah beberapa jenis makanan bergizi untuk anak balita.

| Jenis Makanan Bergizi Untuk Anak Balita

 

 

Artikel lainnya

  1. Nutrisi Untuk Pertumbuhan Anak
  2. Tips Menumbuhkan Kemandirian Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *