Berikut Ini Komplikasi dari Penyakit Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronis adalah berkurangnya kemampuan ginjal untuk menyaring racun, zat sisa, dan cairan berlebih dari darah, yang terjadi secara perlahan-lahan. Karena ginjal sangat mudah beradaptasi terhadap gangguan pada fungsinya, gejala gagal ginjal kronis mungkin baru akan muncul setelah kondisinya sangat parah.

Oleh sebab itu, banyak penderitanya yang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami penyakit ginjal kronis. Jika penyakit ini dibiarkan begitu saja, maka akan timbul beberapa komplikasi dari penyakit ginjal kronis, seperti dibawah ini.

Berikut Ini Komplikasi dari Penyakit Ginjal Kronis

Berikut Ini Komplikasi dari Penyakit Ginjal Kronis

Kelebihan cairan
Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa banyak minum akan membuat ginjal sehat. Hal ini ternyata tidak sepenuhnya benar, jika seseorang dengan fungsi ginjal yang masih baik minum 2 – 3 liter air dalam sehari memang baik untuk ginjalnya. Tetapi, jika seseorang dalam kondisi memiliki gejala penyakit ginjal minum 5-6 liter dalam sehari, hal tersebut bisa berbahaya. Karena, bisa menyebabkan kadar garam di dalam tubuh berkurang dan bisa membuat seseorang lemah atau bahkan kejang-kejang.

Hiperkalemia
Komplikasi ini merupakan keadaan di mana kalium yang ada di dalam darah seseorang tinggi. Kalium yang tinggi ini, akan membuat jantung bekerja dengan tidak sempurna. Sehingga menyebabkan gangguan pada jantung, yang bisa berujung pada kematian mendadak. Pada orang dengan gangguan fungsi ginjal kronis, kemampuannya untuk membuang kalium sangatlah rendah.

Sumber kalium bisa didapatkan dari buah-buahan dan juga sayuran, sehingga dokter menyarankan kepada orang dengan penyakit ginjak kronis untuk tidak mengonsumsi buah-buahan dalam jumlah yang banyak.

Metabolik Asidosis
Salah satu fungsi ginjal adalah mengatur elektrolit, cairan, dan juga asam basa di dalam darah. Jika fungsi tersebut terganggu, maka darah akan asam dan pH darah akan turun. Jika pH darah turun, maka akan membuat pembuluh darah melebar, dan juga kontraksi jantung menjadi terganggu. Jika hal tersebut tidak dikendalikan, maka akan membawa dampak yang sangat buruk

Gangguan Mineral dan Tulang
Penyakit ginjal kronik yang sudah lama dibiarkan, bisa menganggu mineral dan juga tulang. Asupan kalsium yang kurang, bisa menyebabkan tulang menjadi mudah patah. Orang dengan penyakit ginjal kronis, memiliki tulang yang tidak kuat dan mudah patah, karena gangguan tulang yang dialaminya.

Hipertensi
Hipertensi bisa membuat seseorang terkena penyakit ginjal, tetapi penyakit ginjal kronis juga bisa menyebabkan hipertensi. Karena gangguan glomeruler, seseorang bisa mengalami hipertensi. Hipertensi juga bisa disebabkan karena terlalu banyak cairan atau tekanan darah yang naik.

Anemia
Anemia disebabkan karena kurangnya hormon eritrokosit, sehingga kemampuan sum-sum tulang untuk membentuk darah juga akan berkurang.

Dislipidemia
Gangguan kolesterol ternyata juga bisa mengganggu. Pada orang dengan gangguan ginjal kronik bisa mengalami kolesterol yang tinggi.

Disfungsi Seksual
Untuk seseorang yang berusia muda dan memiliki penyakit ginjal kronis, terutama pria, terkadang sering merasakan cepat lelah saat melakukan hubungan intim.

Itu semua merupakan komplikasi yang ditimbulkan dari penyakit ginjal kronis, untuk mengobatinya bisa dengan menggunakan obat herbal multikhasiat QnC Jelly Gamat. Herbal ini juga kami rekomendasikan sebagai obat herbal pemecah batu ginjal tanpa operasi.

| Komplikasi yang Ditimbulkan dari Penyakit Ginjal Kronis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *