7 Macam Bunga yang Berkhasiat Sebagai Obat Herbal

Terdapat 7 macam bunga yang berkhasiat sebagai obat herbal. Tidak hanya cantik untuk dipandang, namun ternyata bunga juga menyimpan manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Umumnya, bunga banyak disenangi oleh para wanita, namun tidak sedikit pula para pria yang menyukai.

Siapa sangka beberapa jenis bunga yang Anda sukai ternyata menyimpan manfaat untuk kesehatan, berikut dibawah ini jenis-jenis tanaman hias yang berkhasiat sebagai obat herbal.

7 Macam Bunga yang Berkhasiat Sebagai Obat Herbal

7 Macam Bunga yang Berkhasiat Sebagai Obat Herbal

Bunga seruni atau krisan
Di negara Jepang dan Korea, bunga ini sering dikonsumsi karena dipercaya mampu melancarkan proses pencernaan usus dan membantu mencegah gangguan yang sering terjadi pada usus. Di Jepang sendiri, bunga krisan sering diolah dengan cara digoreng dengan tepung tempura sedangkan di Korea bunga seruni atau krisan sering dikonsumsi secara langsung (mentah) yang dicampurkan kedalam makanan lain.

Bunga rosella
Bunga rosella memiliki pewarna merah alami, sehingga tidak heran sejak zaman dulu bunga ini sering digunakan sebagai sirup alami karena memiliki aroma yang khas pula. Namun, kini bukan hanya diambil pewarna merah alaminya saja, karena telah terbukti bunga rosella mengandung kadar antioksidan yang tinggi sehingga mampu mencegah penyakit kronis yang disebabkan oleh radikal bebas seperti penuaan dini, ginjal, diabetes, jantung koroner, hingga kanker.

Cara membuatnya yaitu: Pilih kelopak yang berwarna pekat dan tebal karena lebih berkhasiat. Ambil tiga hingga empat kuntum bunga rosella segar, cuci bersih, kemudian seduh dengan air panas satu cangkir. Bisa diminum 3 kali sehari, dan kalau suka bisa ditambahkan madu. Kalau bunga kering, tinggal ambil 5 kuntum dan seduh dengan air panas.

Bunga kamomil atau bunga daisy
Saat ini sudah banyak tersedia dalam bentuk kering untuk teh serta dalam bentuk minyak esens. Bunga ini berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit dan mengurangi stress, relaksasi dan menurunkan ketegangan otot. Daun dan bagian petal bunga juga dapat dimakan, serta bisa juga digunakan sebagai teh untuk menyembuhkan sakit tenggorokan atau sakit perut.

Bunga melatih atau jasmine
Bunga yang memiliki wangi yang khas ini sering dijadikan dalam aroma khas teh yang sedap. Selain itu, dapat juga memberikan khasiat untuk membantu mengatasi masalah pencernaan, sakit maag, dan ulkus. Dengan menghirup minyak jasmine sebelum tidur dapat membantu mengatasi insomnia dan kecemasan.

Bunga tulip
Bunga tulip sering kita manfaatkan untuk mengatasi kondisi sulit tidur atau anemia. Bahkan untuk mengobati luka memar, kepekatan darah yang tidak normal, kanker darah, tekanan darah tinggi, darah rendah, gangguan sirkulasi darah, sakit punggung. Selain itu, bunga tulip merah juga dapat mematikan parasit dalam darah.

Perlu Anda ketahui, bunga tulip yang digunakan sebagai obat herbal multikhasiat yaitu umbinya. Karena umbi dari bunga tulip bisa dimakan sebagai sajian kuliner. Umumnya orang yang menggunakan umbi tulip biasanya untuk pengganti bawang merah pada saat memasak sup.

Bunga soka atau bunga jarum
Bunga ini sangat bermanfaat bagi para wanita yang menderita menorhagia atau haid yang berlebihan, tanaman bunga ini bisa berfungsi sebagai astringent yang bekerja sebagai pereda stres bagi otot-otot rahim. Caranya yaitu ambil sekitar 4 ons kulit tanaman soka dan rebus dengan dua cangkir air lalu direbus sampai menyisakan setengah cangkir. Efeknya sangat signifikan jika diminum 2-3 kali sehari bagi kondisi haid yang berlebihan. Kandungan kulit dari tanaman soka ini bekerja pada seart otot rahim, kemudian merangsang endometrium serta jaringan ovarium sehingga haid yang berlebihan bisa diatasi.

Bunga mawar
Bunga mawar atau rose ini mengandung banyak vitamin C dan sangat aman untuk dikonsumsi manusia. Kelopak bunganya bahkan dapat dimakan mentah untuk meningkatkan sirkulasi darah, dan juga dapat meringankan depresi. Selain itu, teh bunga ros juga bekerja sebagai pencahar ringan. Pasta atau krim yang terbuat dari mawar bisa diguanakan untuk memperbaiki kondisi kulit, terutama pada wajah.

Nah, itulah beberapa macam bunga hias yang bisa dijadikan sebagai pengobatan herbal. Jenis bunga mana yang Anda miliki di rumah? Anda bisa jadikan beberapa jenis bunga cantik diatas sebagai solusi pengobatan penyakit yang alami dan aman untuk digunakan.

| 7 Macam Bunga yang Berkhasiat Sebagai Obat Herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *